Banner

Memanjakan Mata di Ekowisata Bonto Massailea

Katadata
Avatar
Oleh Ardhia Annisa Putri 15 Januari 2024, 21.37

Bonto Massailea merupakan ekowisata yang terletak di Desa Bukit Harapan, Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan. Ekowisata ini tidak hanya memukau mata pengunjung dengan pemandangan bukit yang indah, tetapi juga menyajikan beragam jenis wisata di sekitar desa tersebut.

Dari puncak bukit, pengunjung bisa melihat hamparan sawah yang luas. Masih dari atas bukit, pengunjung juga bisa melakukan susur gua. Ditambah, jika mau memacu adrenalin, pengunjung bisa menaiki atraksi flying fox.

Pengelola Boma, sebutan singkat Bonto Massailea juga menawarkan wisata sejarah mengenai asal-muasal Bonto Massailea, Ada juga wisata edukasi tentang budaya desa dan pengelolaan komoditas lestari. 

Tidak ketinggalan, pengunjung dapat memanjakan lidah dengan beragam kuliner lokal. Seperti gula aren, kopi liberica, kapurung, coto, ayam liku, pisang ijo, hingga ongol-ongol.

Untuk menuju Bonto Massailea, pengunjung bisa berangkat dari Kota Makassar menuju Bulukumba dengan jarak 162 km. Perjalanan ini memakan waktu lebih kurang 5 jam menggunakan kendaraan pribadi.

Selanjutnya, dari Kabupaten Bulukumba menuju Desa Bukit Harapan menempuh jarak 13,3 km selama 30 menit perjalanan. Lalu, dari Desa Bukit Harapan menuju Puncak Bonto Massailea pengunjung dapat berjalan kaki sekitar 500 meter.

Editor : Fitria Nurhayati
;

Katadata Green merupakan platform yang mengintegrasikan berita, riset, data, forum diskusi, dan komunitas untuk menginformasikan, bertukar gagasan, hingga kolaborasi untuk pembangunan hijau dan berkelanjutan di Indonesia.