Menjelajah Bukit Udeng-Udengan di Desa Pemuteran Bali

Katadata
Avatar
Oleh Ardhia Annisa Putri 7 Februari 2024

Pesona wisata Pulau Dewata tidak ada habisnya. Salah satu yang dapat dijadikan pilihan bagi wisatawan untuk menikmati keindahan alam hingga wisata religi, ekowisata Bukit Udeng-Udengan di Desa Pemuteran adalah jawabannya.

Desa yang terletak di Buleleng ini, menawarkan aktivitas pendakian bukit. Di kiri kanan jalur pendakian, terdapat beragam jenis pohon, seperti Jati Putih, Sengon, hingga Intaran yang menemeani langkah pendakian wisatawan.

Selain kegiatan pendakian, wisatawan juga dapat menikmati keindahan Air Terjun Pengumbahan. Ada juga dua pura yang memukau, yaitu Pura Ulun Jagat Kertha dan Pura Bukit Batu Kursi.

Desa Pemuteran juga terkenal dengan agroforestri yang menghasilkan berbagai produk, seperti madu hutan, pepaya, dan anggur. Bagi para pecinta kuliner laut dapat menikmati hidangan lezat seperti ikan mahi-mahi dan barakuda yang segar.

Untuk mencapai Desa Pemuteran, perjalanan dimulai dari Bandara Internasional Ngurah Rai dengan rute melalui Jalan Singaraja – Gilimanuk. Dengan jarak sekitar 134 km, perjalanan ini memakan waktu kurang lebih 4 jam. Desa Pemuteran di Bali siap menyambut pengunjung dengan pesona alamnya yang memukau dan beragam aktivitas wisata menarik lainnya.

Editor : Fitria Nurhayati
;

Katadata Green merupakan platform yang mengintegrasikan berita, riset, data, forum diskusi, dan komunitas untuk menginformasikan, bertukar gagasan, hingga kolaborasi untuk pembangunan hijau dan berkelanjutan di Indonesia.