Katadata Green HUT RI 79
Banner

Rekor Suhu Panas Bakar Tiongkok Timur, Naikan Permintaan Listrik

freepik.com/wirestock
Avatar
Oleh Arsyad Paripurna 6 Agustus 2024, 13.55

Tiongkok Timur dilanda suhu tinggi yang tidak sesuai musim, dengan panas yang berlebihan diperkirakan akan bertahan di kota-kota pesisir besar di provinsi-provinsi yang sangat terindustrialisasi seperti Jiangsu dan Zhejiang hingga 10 hari ke depan.

Menurut media penyiaran negara CCTV, suhu setinggi 43,9 derajat Celsius di timur dan barat laut Tiongkok telah membakar Zhejiang, Jiangsu, Shanghai, Anhui, Xinjiang dalam beberapa hari terakhir.

Di pesisir, ibu kota provinsi Zhejiang, Hangzhou, mencatat suhu tertinggi sepanjang sejarah, yakni 41,9C pada hari Sabtu.

Kota berpenduduk 12,5 juta orang tersebut diperkirakan akan dilanda suhu yang melebihi 40 derajat Celsius hingga 11 Agustus.

Kantor berita industri BJX.com memberitakan beban maksimum atau permintaan pada jaringan listrik di Shanghai melampaui 40 juta kilowatt untuk pertama kalinya pada hari Jumat karena suhu 40 derajat Celsius meningkatkan konsumsi listrik di kota berpenduduk hampir 25 juta orang tersebut.

Dikutip dari Reuters, Senin (5/8), ahli meteorologi Tiongkok mengatakan rekor panas tahun ini diperburuk oleh suhu benua yang tinggi akibat pemanasan global, bahkan saat fenomena cuaca La Nina membawa suhu permukaan laut yang lebih dingin dari rata-rata di Pasifik khatulistiwa.

Awal tahun ini, Tiongkok dilanda musim semi terhangat sejak 1961 saat mulai mengumpulkan data modern.

Kemudian diikuti oleh bulan Mei terpanas di negara itu, yang memicu kondisi seperti kekeringan selama berminggu-minggu di Tiongkok bagian tengah pada bulan Juni, yang berdampak pada tanaman dan mata pencaharian masyarakat petani di wilayah tersebut.

Dengan cuaca panas ekstrem musim panas ini, penggunaan listrik juga meningkat karena meningkatnya permintaan untuk pendingin udara (AC). Lonjakan permintaan listrik dapat mengancam krisis pasokan.

Sejak bulan lalu, State Grid Zhejiang mulai merekomendasikan pemilik kendaraan listrik untuk mengisi daya kendaraan mereka larut malam untuk mengalihkan penggunaan listrik dari jam sibuk harian.

Mereka juga menyarankan orang untuk mematikan pendingin udara saat suhu lebih sejuk.

Ramalan cuaca nasional pada hari Senin memperingatkan potensi bahaya kebakaran yang disebabkan oleh konsumsi daya yang berlebihan dan beban listrik yang berlebihan.

Dalam beberapa hari mendatang, banyak daerah di sekitar delta Sungai Yangtze bisa mengalami cuaca panas di atas 37 derajat Celcius setelah suhu maksimum harian di tujuh stasiun cuaca nasional melampaui suhu ekstrem setempat yang pernah tercatat.

Observatorium Jiangsu mengeluarkan peringatan merah untuk cuaca panas pada hari Minggu setelah suhu tinggi yang telah berlangsung selama lebih dari seminggu semakin meningkat.

CCTV memberitakan suhu bisa mencapai 40 derajat Celcius di kota Wuxi, Changzhou, dan Zhenjiang.

Hangzhou diperkirakan akan mengalami cuaca di atas 40 derajat Celcius selama 10 hari berturut-turut, memecahkan rekor sebelumnya selama delapan hari di 2013.

Reporter : reportergreen Editor : Arsyad Paripurna
;

Katadata Green merupakan platform yang mengintegrasikan berita, riset, data, forum diskusi, dan komunitas untuk menginformasikan, bertukar gagasan, hingga kolaborasi untuk pembangunan hijau dan berkelanjutan di Indonesia.