Katadata Green HUT RI 79
Banner

Kebakaran Hutan California Terbesar di Amerika Serikat

ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/Spt.
Avatar
Oleh Arsyad Paripurna 29 Juli 2024, 09.41

Ribuan petugas pemadam kebakaran berjuang melawan kebakaran hutan yang meluas dengan cepat di California utara pada hari Sabtu.

Hal ini terjadi setelah kobaran api membesar lebih dari dua kali lipat dalam rentang waktu 24 jam.

Menurut Departemen Kehutanan dan Perlindungan Kebakaran California (Cal Fire), Kebakaran Park telah membakar lebih dari 141.640 hektar lahan yang berada sekitar 144 kilometer di utara ibu kota negara bagian Sacramento hingga Sabtu malam.

Suhu yang lebih dingin dan udara yang lebih lembap diperkirakan terjadi di wilayah tersebut, yang berpotensi membantu upaya untuk memperlambat penyebaran api, yang telah terkendali sebesar 10% hingga Sabtu malam.

Dikutip dari Reuters, Sabtu (27/7), pejabat berwenang mengatakan kebakaran tersebut telah menghancurkan 134 bangunan.

Perintah evakuasi dan peringatan dikeluarkan untuk beberapa komunitas di beberapa daerah, termasuk peringatan untuk Paradise, kota yang hancur oleh Kebakaran Camp 2018, yang paling mematikan dalam sejarah negara bagian tersebut.

Presiden Amerika Serikat Joe Biden telah diberi pengarahan tentang kebakaran tersebut dan menginstruksikan timnya untuk melakukan tindakan yang bisa dilakukan guna mendukung upaya penanggulangan.

Seorang pria ditangkap pada hari Kamis atas dugaan bahwa ia memulai Kebakaran Park dengan mendorong mobil yang terbakar ke dalam selokan pada hari Rabu sore.

Pusat Kebakaran Antarlembaga Nasional mengatakan kebakaran tersebut merupakan yang terbesar dari puluhan kebakaran aktif di Amerika Serikat yang telah membakar lebih dari 2 juta hektar lahan.

Di Oregon, beberapa kebakaran terjadi, termasuk Kebakaran Durkee, yang telah menghanguskan lebih dari 288.000 hektar lahan di bagian timur negara bagian tersebut.

Dinas Kehutanan Amerika Serikat pada hari Jumat melaporkan seorang petugas pemadam kebakaran tewas setelah sebuah truk tangki bermesin tunggal mengalami kecelakaan dekat Kebakaran Falls di tenggara Oregon.

Reporter : reportergreen Editor : Arsyad Paripurna
;

Katadata Green merupakan platform yang mengintegrasikan berita, riset, data, forum diskusi, dan komunitas untuk menginformasikan, bertukar gagasan, hingga kolaborasi untuk pembangunan hijau dan berkelanjutan di Indonesia.