Katadata Green HUT RI 79
Banner

Ribuan Mengungsi Akibat Kebakaran Hutan di Wilayah Barat AS dan Kanada

ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/Spt.
Avatar
Oleh Arsyad Paripurna 27 Juli 2024, 09.09

Dinas Kehutanan AS mengatakan jutaan hektar lahan hutan nasional di seluruh Oregon dan Washington terus mengalami kondisi kayu kering yang memecahkan rekor ditambah dengan badai petir, yang memicu pertumbuhan kebakaran hutan yang cepat.

Menurut pejabat berwenang, hutan nasional Fremont-Winema dan Deschutes di Oregon telah melewati 75 hari tanpa hujan basah dan 45 hari tanpa hujan basah terjadi di seluruh wilayah Barat Laut Pasifik.

Ditambah lagi sebagian besar wilayah Barat telah dilanda suhu yang sangat menyengat akibat gelombang panas berkepanjangan beberapa bulan terakhir.

"Tahun ini akan menjadi tahun kebakaran besar di Pacific Northwest, dan sekarang baru pertengahan Juli," kata Ed Hiatt, asisten direktur pemadam kebakaran untuk operasi di Pacific Northwest.

Ia mengatakan pemadam kebakaran berada pada Tingkat Kesiapsiagaan 5, yaitu tingkat tanggap kebakaran hutan tertinggi yang memungkinkan di wilayah dan negara ini.

“Para kru, buldoser, helikopter, dan tim manajemen insiden dari seluruh negeri datang untuk membantu, termasuk orang-orang yang datang jauh dari North Carolina dan Wisconsin,” ujar Ed, dikutip dari CNBC, Kamis (25/7).

Di Kanada, kota pegunungan Jasper dan Taman Nasional Jasper yang populer di provinsi Alberta terkena perintah evakuasi karena banyak kebakaran hutan yang berkobar di area tersebut.

Peringatan merah kritis untuk evakuasi dirilis Senin malam untuk memperingatkan adanya kebakaran hutan di selatan kota.

"Semua orang di Jasper harus mengungsi sekarang," kata peringatan tersebut, dengan perintah untuk mengosongkan kota dalam waktu lima jam paling lambat pukul 3 pagi hari Selasa.

Secara total, sekitar 25 ribu orang, termasuk pengunjung taman dan penduduk setempat mengungsi. Sekitar 10 ribu orang, termasuk pekerja musiman, berada di Jasper saat peringatan itu dirilis.

Parks Canada memperkirakan sekitar 15 ribu orang berada di taman tersebut, taman nasional terbesar di pegunungan Rocky Kanada.

Para pengungsi diperintahkan untuk pergi ke Grande Prairie, Calgary atau Edmonton, di mana pusat penerimaan menunggu untuk memberikan dukungan.

“Evakuasi kota telah selesai. Evakuasi pendaki di daerah pedalaman sedang berlangsung dan selesai di area-area yang menjadi prioritas tinggi," kata Taman Nasional Jasper dalam publikasi terbarunya Selasa malam.

Kota dan taman memobilisasi semua sumber daya yang tersedia untuk mendukung pemadaman kebakaran dan perlindungan kota.

Upaya yang dilakukan termasuk memasang alat penyiram dan selang pelindung bangunan, pemadaman udara, dan tangki air kereta khusus di sepanjang jalur kereta.

Parks Canada mengatakan pengunjung yang melakukan reservasi hingga 6 Agustus akan mendapatkan pengembalian dana penuh.

Menurut mereka, Kebakaran Hutan Utara antara Stasiun Transfer dan Jalur Udara Jasper di kedua sisi Jalan Raya 16 telah membakar area seluas minimal 270 hektar dan Kebakaran Hutan Selatan dekat perkemahan Kerkeslin telah membakar sekitar 10.800 hektar.

Para pejabat berwenang belum mengatakan kapan penduduk setempat dan pengunjung bisa kembali. Secara keseluruhan, Alberta mengalami 178 kebakaran hutan aktif di seluruh provinsi.

Badan Manajemen Darurat Alberta mengatakan sejak 1 Januari telah terjadi 940 kebakaran hutan di Area Perlindungan Hutan yang membakar lebih dari 535 ribu hektar.

Dari jumlah tersebut, 56 diklasifikasikan sebagai tidak terkendali, 50 sebagai terkendali, 61 sebagai terkendali, dan 770 padam.

Menurut badan tersebut, petir telah menyebabkan lebih dari separuh kebakaran hutan yang terjadi hari ini, tetapi separuh lainnya disebabkan oleh manusia.

Asap dari kebakaran hutan membuat langit berkabut, dan kualitas udara menjadi tidak sehat di beberapa bagian North Dakota, Montana, Wyoming dan Colorado.

Reporter : reportergreen Editor : Arsyad Paripurna
;

Katadata Green merupakan platform yang mengintegrasikan berita, riset, data, forum diskusi, dan komunitas untuk menginformasikan, bertukar gagasan, hingga kolaborasi untuk pembangunan hijau dan berkelanjutan di Indonesia.