Katadata Green HUT RI 79
Banner

AS Bagian Barat Bersiap Hadapi Hari-Hari Panas Pemecah Rekor

ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/Spt.
Avatar
Oleh Arsyad Paripurna 22 Juli 2024, 08.41

Bagian barat Amerika Serikat (AS) kembali dilanda gelombang panas yang memecahkan rekor.

Gelombang panas diperkirakan akan menghasilkan suhu tiga digit di kota-kota mulai dari California Selatan sampai Idaho utara hingga pertengahan minggu.

Sekitar 30 juta orang mendapat peringatan suhu panas berlebih yang berlaku hingga Rabu.

Badan Cuaca Nasional (NWS) pada hari Minggu melaporkan suhu diperkirakan mencapai 43 derajat Celcius.

Negara-negara bagian tersebut mencakup sebagian California, Arizona, Nevada, Idaho, Oregon, dan Washington.

Oregon Bagian Tengah dan sebagian Washington juga terancaman kebakaran hutan yang meningkat karena kondisi cuaca panas dan kekeringan.

Petugas pemadam kebakaran sedang berjuang memadamkan berbagai kebakaran hutan di Oregon, termasuk Lone Rock Fire yang telah menghanguskan lebih dari 116.000 hektar area di bagian utara negara bagian tersebut.

Menurut Marsekal Pemadam Kebakaran Negara Bagian Oregon, sekitar 40% sudah terkendali.

Para pejabat berwenang mengatakan badai petir yang melanda negara bagian tersebut juga dapat mempersulit tanggap darurat terhadap bencana.

Kantor Sheriff Malheur County pada hari Sabtu memerintahkan beberapa warga untuk mengungsi karena bencana kebakaran Durkee Fire menyebar di bagian timur Oregon.

Di Kanada bagian barat, kebakaran hutan di Alberta dan British Columbia juga memaksa evakuasi pada akhir pekan.

Penelitian menunjukkan perubahan iklim yang disebabkan oleh bahan bakar fosil berkontribusi terhadap terjadinya gelombang panas yang berbahaya di seluruh dunia.

Para pejabat memperingatkan risiko kesehatan besar yang terkait dengan panas ekstrem, termasuk sengatan panas.

“Setidaknya untuk empat hari ke depan cuaca terlihat cukup panas di sebagian besar wilayah barat AS dan dalam dua hari ke depan pasti ada potensi rekor suhu tertinggi di wilayah pedalaman Pasifik Barat Laut dan hingga ke arah gurun di barat daya," kata ahli meteorologi NWS Bob Oravec.

Bagian barat laut AS akan mengalami anomali cuaca terbesar, termasuk sebagian besar negara bagian Washington yang suhunya 20 derajat lebih tinggi dari biasanya sepanjang tahun ini.

Kota-kota besar seperti Seattle dan Portland akan terhindar dari panas ekstrem.

Suhu diperkirakan akan naik di atas 38 derajat Celcius dan memecahkan rekor di kota-kota seperti Yakima, Spokane dan Mack di Washington.

Bob mengatakan Boise, Idaho, bisa menyamai rekor 42 derajat Celcius.

Sebagian besar wilayah Pantai Barat akan mengalami suhu sekitar 10 derajat di atas normal.

Las Vegas dapat mencapai rekor suhu 45 derajat Celcius pada hari Minggu, sementara Taman Nasional Death Valley di California diperkirakan akan mencapai suhu di atas 49 derajat Celcius.

“Untuk hari Senin, rekornya menurun, seperti potensi untuk memecahkan rekor, tapi itu tidak berarti suhu akan menjadi lebih dingin secara signifikan. Suhunya masih jauh di atas rata-rata di wilayah umum yang sama,” ujar bob, dikutip dari Reuters, Minggu (21/7).

Pada hari Sabtu, rekor pecah di Baker, Oregon, dan Alturas, California.

Reporter : reportergreen Editor : Arsyad Paripurna
;

Katadata Green merupakan platform yang mengintegrasikan berita, riset, data, forum diskusi, dan komunitas untuk menginformasikan, bertukar gagasan, hingga kolaborasi untuk pembangunan hijau dan berkelanjutan di Indonesia.