Katadata Green HUT RI 79

Studi: Kenaikan Permukaan Laut Musnahkan Spesies di AS

freepik.com
Avatar
Oleh Arsyad Paripurna 17 Juli 2024, 07.07

Sebuah tanaman unik telah menjadi spesies pertama di Amerika Serikat (AS) yang akan musnah dari alam liar akibat dampak naiknya air laut.

Ini merupakan hal yang suram pada awalnya, namun bukan yang terakhir, karena para ilmuwan khawatir bahwa matinya tanaman tersebut akan menjadi penentu arah bagi spesies lain karena krisis iklim semakin memperketat cengkeramannya.

Berdasarkan makalah yang diterbitkan minggu ini di Journal of the Botanical Research Institute of Texas, efek gabungan dari kenaikan permukaan air laut, kenaikan air pasang dan badai yang hebat mendorong populasi kaktus Key Largo liar menuju kepunahan di satu-satunya lokasi yang diketahui di AS, yakni di Florida Keys.

“Ini hanyalah salah satu contoh dari apa yang terjadi pada puluhan spesies, dan orang-orang perlu memahami bahwa jika kita tidak melakukan sesuatu, kepunahan ini akan semakin cepat,” kata George Gann, salah satu penulis studi tersebut dan direktur eksekutif dan presiden Institute for Regional Conservation.

Kaktus Key Largo masih ada di beberapa bagian Karibia, termasuk Kuba, Puerto Riko, dan Bahama, tetapi kemungkinan untuk tumbuh kembali secara alami di Florida Keys pada dasarnya sangat tidak mungkin.

Terdapat sekitar 150 individu hidup pada 2011 di bebatuan pasang surut yang tandus di atas singkapan batu kapur kecil di antara sejumlah besar hutan bakau di Taman Negara Bagian Terumbu Karang John Pennekamp.

Namun, pada 2015, para peneliti menyadari bahwa kaktus tersebut mati pada tingkat yang mengkhawatirkan, akibat serangan hewan yang terjadi satu kali, dan juga lokasinya di dataran rendah Florida Keys, yang sebagian besar hanya berjarak 5 kaki di atas permukaan laut.

Habitat tumbuhan ini terendam air asin akibat badai dan air pasang yang diperparah dengan naiknya air laut.

Ketika polusi bahan bakar fosil memanaskan planet ini, polusi tersebut juga memanaskan dan memperluas lautan serta mencairkan lapisan es dan gletser, sehingga menaikkan permukaan air.

Para peneliti mengatakan permukaan laut di sekitar Florida Keys telah meningkat rata-rata sekitar 0,16 inci per tahun, atau lebih dari 8 inci sejak 1971.

“Terlalu banyak garam menimbulkan stres bagi sebagian besar tanaman,” James Lange, rekan penulis studi dan ahli botani penelitian di Fairchild Tropical Botanic Garden Miami.

Tumbuhan dapat menoleransi air laut yang asin selama beberapa hari. Jika jangka waktu tersebut diperpanjang hingga berminggu-minggu atau lebih, struktur tumbuhan tidak siap untuk menghadapinya karena tidak lagi mendapatkan air tawar.

Tumbuhan tidak dapat memberi makan tubuh mereka. Pada 2021, setelah bertahun-tahun terpapar, hanya beberapa kaktus yang tersisa.

Para peneliti memilih untuk memindahkan mereka dari alam liar daripada membiarkan mereka mati. Hewan liar terakhir telah dipindahkan pada 2023.

“Jelas sekali kawasan tersebut akan terus mengalami kenaikan permukaan laut,” kata para peneliti, dikutip dari CNN, Minggu (14/7).

Menurut George, hilangnya spesies tersebut di AS merupakan indikator masalah yang lebih besar.

Reporter : reportergreen Editor : Arsyad Paripurna
;

Katadata Green merupakan platform yang mengintegrasikan berita, riset, data, forum diskusi, dan komunitas untuk menginformasikan, bertukar gagasan, hingga kolaborasi untuk pembangunan hijau dan berkelanjutan di Indonesia.