Katadata Green
Banner

IDB dan Bank Brasil Umumkan Pengembangan ETF Amazon

Freepik
Avatar
Oleh Arsyad Paripurna 27 Juli 2024, 10.10

Inter-American Development Bank (IDB) bersama Bank Pembangunan Brasil BNDES, Banco do Brasil dan Caixa Economica Federal akan mengembangkan dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) yang berfokus pada investasi berkelanjutan di hutan hujan Amazon.

Berdasarkan proposal tersebut, yang pertama kali dilaporkan oleh Reuters pada hari Rabu, ETF akan diluncurkan di pasar modal sebelum konferensi iklim COP30 di kota Belem, Brasil, pada tahun 2025.

Inisiatif tersebut, yang diberi nama Amazonia for All ETF, bertujuan untuk mendemokratisasi akses ke investasi berkelanjutan, dengan menggabungkan sumber daya keuangan dengan insentif berbasis kinerja.

“Setahun yang lalu, IDB meluncurkan program Amazonia Forever yang holistik. Sekarang, bersama mitra kami, kami mengumumkan rencana kami untuk Amazonia for All ETF, yang akan mendemokratisasi investasi untuk Amazon dan mendukung masa depan yang berkelanjutan bagi wilayah tersebut," kata Presiden IDB Ilan Goldfajn, pada pertemuan para pemimpin keuangan G20 di Rio de Janeiro, dikutip dari esgnews.com, Jumat (26/7).

BNDES, Banco do Brasil dan Caixa akan bermitra untuk melakukan studi bagi ETF, dengan dukungan teknis dan finansial dari IDB.

Kemitraan ini sejalan dengan tujuan Green Coalition, yang merupakan aliansi internasional bank-bank pembangunan publik yang mempromosikan pembangunan berkelanjutan di Amazon.

Amazonia for All ETF akan memanfaatkan portofolio aset pendapatan tetap dari BNDES, Banco do Brasil dan Caixa, yang dialokasikan untuk pinjaman berkelanjutan di wilayah Amazon.

Dengan memilih ETF sebagai alat penggalangan dana, inisiatif ini memastikan likuiditas dan transparansi, sehingga memudahkan individu dan entitas untuk berinvestasi dalam keberlanjutan dengan harga sekitar R$100 (Rp 288.257) per saham.

Singkatnya, Amazonia for All ETF merupakan langkah signifikan menuju investasi berkelanjutan di Amazon, yang mencerminkan upaya kolaboratif untuk mendukung kesehatan ekologi dan ekonomi kawasan tersebut sekaligus mempromosikan akses yang lebih luas terhadap peluang investasi.

Reporter : reportergreen Editor : Arsyad Paripurna
;

Katadata Green merupakan platform yang mengintegrasikan berita, riset, data, forum diskusi, dan komunitas untuk menginformasikan, bertukar gagasan, hingga kolaborasi untuk pembangunan hijau dan berkelanjutan di Indonesia.