Katadata Green HUT RI 79
Banner

Jaringan Gas Inggris Siap Digunakan untuk Bahan Bakar hidrogen

World Bank
Avatar
Oleh Arsyad Paripurna 24 Juli 2024, 16.17

Jaringan gas nasional Inggris siap mengakomodasi hidrogen sebagai bahan bakar untuk menggerakkan rumah dan industri

Kesiapan ini berdasarkan uji coba yang dilakukan pada hari Rabu oleh National Gas, yang memiliki dan mengoperasikan jaringan transmisi gas.

Mengganti gas alam dengan hidrogen dipandang sebagai cara untuk membantu mengurangi emisi karbon dan ketergantungan pada bahan bakar fosil.

Pemerintahan Inggris sebelumnya mendukung pencampuran hingga 20% volume hidrogen dalam jaringan distribusi gas jika memungkinkan.

National Gas menguji pencampuran hidrogen ke dalam aset yang sebelumnya beroperasi dari jaringan transmisi nasional selama 12 bulan terakhir, dengan skala campuran hidrogen dengan gas alam sebesar 2% hingga 100%.

Hasil uji coba menunjukkan tidak terdapat masalah selama tahap pertama proyek dan tidak ada hambatan besar dalam memanfaatkan kembali jaringan untuk hidrogen.

Proyek uji coba tersebut kini telah memasuki tahap kedua, yang akan mengkaji tantangan yang terkait dengan kompresi hidrogen menggunakan aset yang ada, termasuk menunjukkan potensi penggunaan kembali turbin gas untuk pemanfaatan hidrogen di stasiun kompresor.

“Laporan hari ini menyajikan gambaran yang menjanjikan mengenai pencampuran hidrogen, yang dapat membantu pemerintah memenuhi ambisinya menjadikan Inggris negara adidaya energi ramah lingkungan seiring dengan kemajuan kita menuju 100% hidrogen ramah lingkungan, dan semuanya dilakukan dengan menggunakan infrastruktur yang ada,” kata Direktur eksekutif Gas Nasional Jon Butterwork, dikutip dari Reuters, Rabu (24/7).

Reporter : reportergreen Editor : Arsyad Paripurna
;

Katadata Green merupakan platform yang mengintegrasikan berita, riset, data, forum diskusi, dan komunitas untuk menginformasikan, bertukar gagasan, hingga kolaborasi untuk pembangunan hijau dan berkelanjutan di Indonesia.