Katadata Green HUT RI 79
Banner

Vietnam Beli Kelebihan Listrik Panel Surya dari Rumah, Kantor

freepik.com
Avatar
Oleh Arsyad Paripurna 15 Juli 2024, 12.51

Operator jaringan listrik nasional Vietnam, EVN, berencana membeli kelebihan listrik yang dihasilkan oleh panel surya di rumah dan kantor untuk memenuhi pasokannya sendiri.

Wakil Perdana Menteri Vietnam Tran Hong Ha telah meminta Kementerian Perindustrian dan Perdagangan untuk menyusun rencana pembelian listrik di atap, dengan usulan volume penjualan hingga 10%.

Pemerintah mengusulkan harga 671 dong atau US$0,0264 (Rp 427) per kWh untuk kelebihan listrik dari panel surya atap.

Jika disetujui, harganya akan kurang dari setengah harga listrik yang dibeli EVN dari pembangkit listrik tenaga surya.

Berdasarkan rencana pengembangan pembangkit listrik yang disetujui pemerintah pada Mei tahun lalu, Vietnam menargetkan separuh gedung perkantoran dan rumah ditenagai panel surya atap pada 2030.

Menurut rencana, Vietnam memiliki potensi energi surya hingga 963 gigawatt (GW).

Dikutip dari Reuters, Jumat (12/7), Vietnam memiliki 103.000 proyek pembangkit listrik tenaga surya atap dengan total kapasitas terpasang sebesar 9,5 GW.

Pekan lalu, pemerintah mengatakan telah mengeluarkan keputusan baru yang mengizinkan pabrik membeli listrik secara langsung dari pemasok listrik terbarukan melalui Perjanjian Pembelian Listrik Langsung.

Reporter : reportergreen Editor : Arsyad Paripurna
;

Katadata Green merupakan platform yang mengintegrasikan berita, riset, data, forum diskusi, dan komunitas untuk menginformasikan, bertukar gagasan, hingga kolaborasi untuk pembangunan hijau dan berkelanjutan di Indonesia.