Katadata Green HUT RI 79
Banner

Microsoft Bakal Kucurkan €2,2 Miliar untuk Data Center di Spanyol

123RF.com/olegdudko
Avatar
Oleh Arsyad Paripurna 4 Juli 2024, 18.00

Microsoft akan menginvestasikan 2,2 miliar euro atau US$2,4 miliar (Rp 39,1 triliun) untuk sebuah proyek data center yang sangat besar di timur laut Spanyol.

Otoritas regional mengatakan wilayah tersebut berupaya untuk menjadi pusat penyimpanan awan atau cloud storage hotspot.

Presiden Aragon, Jorge Azcon, mengatakan pengumuman tersebut meningkatkan hampir 6,7 miliar euro (Rp 118 triliun) investasi yang direncanakan Microsoft di Aragon.

Hal ini juga mengikuti pengumuman serupa dari Amazon yang pada bulan Mei lalu mengatakan divisi komputasi awannya akan menginvestasikan 15,7 miliar euro (Rp 276 triliun) untuk memperluas data center di Aragon, di mana saat ini ada tiga data center yang beroperasi.

"Ini adalah berita bagus untuk ekonomi Aragon," kata Jorge, dikutip dari France 24, Rabu (3/7).

Dia menyoroti manfaat ekonomi yang diharapkan dari investasi ini yang ia yakini akan memiliki efek langsung dalam menarik perusahaan-perusahaan lain.

Microsoft pada bulan Oktober mengumumkan niatnya untuk membangun kampus data center di Aragon untuk menyediakan layanan cloud untuk perusahaan-perusahaan Eropa dan badan-badan publik tanpa menyebutkan berapa banyak investasi yang dibutuhkan.

Mengutip angka-angka yang diberikan oleh konsultan IDC, Microsoft mengatakan proyek dengan kampus seluas 88 hektar ini dapat berkontribusi pada penciptaan lebih dari 2.100 lapangan kerja teknologi di Aragon antara 2026 dan 2030.

"Data center tidak diragukan lagi akan memainkan peran mendasar sebagai penghubung pertama dalam rantai yang akan menghasilkan investasi, inovasi, dan layanan digital yang lebih luas di komunitas kami," ujar Jorge.

Selama berbulan-bulan, teknologi besar telah meningkatkan investasinya di data center, di mana server ditempatkan untuk menyimpan sejumlah besar informasi yang digunakan oleh perusahaan dan individu.

Pertumbuhan ini sejalan dengan kebutuhan yang didorong oleh permintaan untuk mengembangkan kecerdasan buatan generatif yang membutuhkan lokasi dengan kapasitas listrik yang kuat karena ladang data ini mengkonsumsi energi dalam jumlah besar.

Dalam hal ini, Aragon adalah lokasi yang ideal karena merupakan daerah yang jarang penduduknya dengan sinar matahari yang cukup dan paparan angin yang kuat yang menjadi rumah bagi pembangkit listrik tenaga surya dan angin, dan terhubung dengan baik ke jaringan komunikasi Spanyol.

Reporter : reportergreen Editor : Arsyad Paripurna
;

Katadata Green merupakan platform yang mengintegrasikan berita, riset, data, forum diskusi, dan komunitas untuk menginformasikan, bertukar gagasan, hingga kolaborasi untuk pembangunan hijau dan berkelanjutan di Indonesia.