Katadata Green HUT RI 79
Banner

Tiongkok Atur Industri Baterai Lithium-Ion di Tengah Ekspansi Cepat

Katadata/123RF
Avatar
Oleh Arsyad Paripurna 20 Juni 2024, 14.53

Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi Tiongkok merilis pedoman baru untuk industri baterai lithium-ion.

Langkah tersebut bertujuan untuk mengubah, meningkatkan, dan mendorong pengembangan berkualitas tinggi di tengah ekspansi yang cepat di industri baterai lithium-ion.

Pedoman tersebut, yang dirilis Rabu (19/6) mengikuti proposal bulan Mei, akan membantu korporasi mengurangi proyek-proyek manufaktur yang hanya memperluas kapasitas produksi, sambil meningkatkan inovasi teknologi dan kualitas produk serta memangkas biaya produksi.

Proyek-proyek yang dibangun di atas lahan pertanian dan zona ekologis akan diminta untuk ditutup, atau dikekang dengan ketat dan secara bertahap dihapus, dikutip dari Reuters, Kamis (20/6).

Perluasan kapasitas produksi yang cepat di sepanjang rantai pasokan baterai lithium telah menyebabkan jatuhnya harga produk, termasuk baterai dan bahan mentah.

Hal ini mengikis keuntungan perusahaan-perusahaan di pasar terbesar di dunia.

Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi Tiongkok mengatakan perencanaan industri dan peluncuran proyek-proyek baru harus sejalan dengan pengembangan sumber daya nasional, perlindungan ekologi dan manajemen penghematan energi.

Pedoman baru tersebut akan berlaku efektif mulai Kamis.

Reporter : reportergreen Editor : Arsyad Paripurna
;

Katadata Green merupakan platform yang mengintegrasikan berita, riset, data, forum diskusi, dan komunitas untuk menginformasikan, bertukar gagasan, hingga kolaborasi untuk pembangunan hijau dan berkelanjutan di Indonesia.