Katadata Green HUT RI 79
Banner

Cuaca Ekstrem Melanda Eropa, Banjir Bandang hingga Kebakaran Hutan

vecteezy/roberto muratore
Avatar
Oleh Hari Widowati 18 September 2024, 19.19

Sejumlah wilayah di Eropa dilanda cuaca ekstrem yang mematikan. Sungai-sungai di Eropa Tengah meluap setelah hujan lebat dan kebakaran hutan yang hebat melanda Portugal.

Tujuh orang tewas dalam kebakaran di Portugal, termasuk tiga petugas pemadam kebakaran, yang kendaraannya terbakar pada Selasa (17/9). Sedikitnya 17 orang tewas dalam apa yang disebut pihak berwenang sebagai banjir terburuk yang melanda Eropa Tengah dan Timur dalam beberapa dekade terakhir.

Walikota Nysa di Polandia memerintahkan evakuasi 44.000 penduduknya karena ketinggian air di sungai yang melintasi kota itu meningkat. Sungai yang meluap akan menyebabkan banjir hingga ke daerah-daerah sekitarnya.

Grzegorz Grochowski dari Nysa menceritakan bagaimana tim penyelamat dan penduduk mengangkut karung pasir ke tanggul sungai. Mereka bekerja sepanjang malam hingga dini hari pada Selasa (17/9) pagi untuk memastikan tanggul sungai tidak jebol.

“Ada rantai manusia di sini, orang-orang saling mengoper karung pasir,” kata Grochowski kepada Reuters pada Selasa (17/9). Ia mengatakan helikopter juga membawa pasir dalam karung-karung besar dan mereka menjatuhkannya untuk memperkuat dinding tanggul sepanjang malam hingga sekitar pukul empat atau lima pagi.

Para pasien, termasuk wanita hamil, dievakuasi dari rumah sakit kota setelah banjir yang meluap memaksa rumah sakit tersebut untuk ditutup sebelum semua penduduk Nysa diperintahkan untuk pergi. Hanya tim penyelamat dan mereka yang berusaha membendung aliran air dari sungai yang tersisa.

Curah hujan diperkirakan akan mereda hingga hari Selasa (17/9). Namun, para pejabat telah memperingatkan bahwa ketinggian air di sungai-sungai masih sangat tinggi dan berisiko membanjiri daerah-daerah perkotaan yang berada di dataran rendah.

Hujan terberat telah bergeser ke beberapa bagian Italia utara dan timur, di mana peringatan curah hujan berwarna oranye diberlakukan pada hari Selasa.

Di sepanjang perbatasan Polandia dengan Republik Ceko, layanan darurat telah melakukan beberapa penyelamatan dengan helikopter di kota Ladek Zdrój setelah penduduk terjebak di rumah mereka.

Banjir di sana akhirnya mulai surut setelah hujan deras selama berhari-hari yang menyebabkan kerusakan parah di desa-desa pedesaan. Di kota Jesenik, penduduk yang biasanya menyambut para pengunjung di resor spa yang terkenal, kini harus bergulat dengan derasnya air kotor.

Banjir telah berdampak pada luasnya perbatasan Ceko-Polandia, yang membentang hingga ke kota Ostrava, di mana ribuan penduduk tidak memiliki air panas pada Senin (16/9) lalu. Operator pembangkit listrik tenaga air utama di wilayah tersebut memerintahkan penghentian operasi.

Jalan Raya di Seluruh Portugal Ditutup Akibat Kebakaran Hutan

Kementerian Dalam Negeri Portugal mengatakan kebakaran hutan di seluruh negeri memaksa pihak berwenang untuk menutup jalan raya dan jalan-jalan, sehingga perjalanan di seluruh negeri terganggu.

Kebakaran yang terjadi di dekat enam jalan raya telah memaksa jalan-jalan itu ditutup. Keenam jalan itu termasuk jalan utama antara ibu kota Lisbon dan kota terbesar kedua, Porto. Secara keseluruhan, 19 jalan besar telah terputus karena kedekatannya dengan kobaran api.

Lebih dari 5.000 petugas pemadam kebakaran berjuang melawan kebakaran hutan pada Selasa (17/9). Badan Perlindungan Sipil Portugal mengatakan hampir dua lusin kebakaran besar di pedesaan aktif di seluruh negeri.

CNN Portugal melaporkan, warga sipil telah dievakuasi dari rumah mereka dan sekolah-sekolah telah ditutup di beberapa daerah. Sebagian besar wilayah negara itu masih berada di bawah peringatan kuning untuk risiko kebakaran.

"Gumpalan besar asap dari kebakaran hutan dapat dilihat dari luar angkasa," kata Organisasi Eropa untuk Eksploitasi Satelit Meteorologi (EUMETSAT) kepada CNN, pada Selasa (17/9).

Seorang juru bicara Perlindungan Sipil Portugal mengatakan bahwa cuaca menghambat upaya pemadaman kebakaran, karena kelembaban semalam tetap rendah. Para petugas pemadam kebakaran biasanya mengandalkan suhu malam hari yang lebih rendah dan kelembaban yang lebih tinggi untuk membantu mereka mengatasi kobaran api. Akan tetapi, kondisi cuaca kering telah menyebabkan kebakaran menyebar lebih jauh.

Reporter : reportergreen Editor : Hari Widowati
;

Katadata Green merupakan platform yang mengintegrasikan berita, riset, data, forum diskusi, dan komunitas untuk menginformasikan, bertukar gagasan, hingga kolaborasi untuk pembangunan hijau dan berkelanjutan di Indonesia.