Katadata Green HUT RI 79
Banner

Tiongkok Investasi Rp 34 Triliun Dalam Proyek Hidrogen Hijau Spanyol

123RF.com/Alexander Kirch
Avatar
Oleh Arsyad Paripurna 5 September 2024, 10.10

Hygreen Energy, produsen elektroliser asal Tiongkok, bersama mitranya akan berinvestasi lebih dari Rp 34 triliun (€2 miliar) dalam proyek hidrogen hijau di wilayah Andalusia, Spanyol selatan.

Rencana tersebut mencakup pabrik baru untuk memproduksi elektroliser dan pabrik hidrogen hijau. Pabrik produksi elektroliser akan menggunakan listrik untuk memisahkan air menjadi hidrogen dan oksigen.

Pabrik tersebut akan memiliki kapasitas hingga 5 gigawatt, tergantung pada permintaan di Eropa, dan pada awalnya akan difokuskan pada elektroliser 5 megawatt.

Andalusia memposisikan dirinya sebagai pemimpin hidrogen hijau di Spanyol dan Eropa. Wilayah tersebut memanfaatkan potensi tenaga angin dan matahari yang melimpah.

Dikutip dari Reuters, Selasa (3/9), hidrogen hijau diproduksi menggunakan listrik terbarukan.

Meskipun dipandang sebagai kunci untuk mendekarbonisasi ekonomi Eropa di masa depan, proyek hidrogen hijau secara umum tidak kompetitif tanpa subsidi karena biayanya yang tinggi.

Reporter : reportergreen Editor : Arsyad Paripurna
;

Katadata Green merupakan platform yang mengintegrasikan berita, riset, data, forum diskusi, dan komunitas untuk menginformasikan, bertukar gagasan, hingga kolaborasi untuk pembangunan hijau dan berkelanjutan di Indonesia.