Katadata Green HUT RI 79
Banner

Spanyol Setujui Hampir 300 Proyek Energi Terbarukan Senilai US$18 M

PLN
Avatar
Oleh Arsyad Paripurna 30 Juli 2024, 18.16

Pemerintah Spanyol telah mengizinkan pembangunan hampir 300 proyek energi terbarukan dengan total kapasitas lebih dari 28 gigawatt.

Dikutip dari Reuters, Senin (29/7), proyek-proyek tersebut diharapkan membantu Spanyol memenuhi target energi hijau yang ambisius.

Kementerian Energi Spanyol mengatakan proyek-proyek tersebut akan mewakili investasi gabungan senilai lebih dari 17 miliar euro atau US$18,4 miliar (Rp 300 triliun).

Sebagian besar proyek terdiri dari pembangkit listrik fotovoltaik dan 43 ladang angin dan satu pembangkit listrik tenaga air.

Dengan memanfaatkan datarannya yang cerah, lereng bukit yang berangin, dan sungai yang mengalir deras, Spanyol bermaksud untuk meningkatkan pangsa listrik yang dihasilkan dari energi terbarukan menjadi 81% dari total tahun 2030, naik dari sekitar 50% saat ini.

Reporter : reportergreen Editor : Arsyad Paripurna
;

Katadata Green merupakan platform yang mengintegrasikan berita, riset, data, forum diskusi, dan komunitas untuk menginformasikan, bertukar gagasan, hingga kolaborasi untuk pembangunan hijau dan berkelanjutan di Indonesia.