Katadata Green HUT RI 79
Banner

Energi Angin Spanyol Berpotensi Meleset dari Target 2030

euronews.com
Avatar
Oleh Arsyad Paripurna 14 Juni 2024, 08.49

Spanyol perlu menambah kapasitas energi angin dengan kecepatan yang jauh lebih cepat atau berisiko gagal mencapai target ambisius tahun 2030.

Lembaga pemantau energi Global Energy Monitor (GEM) yang berbasis di Amerika Serikat mengatakan energi terbarukan memecahkan rekor di Spanyol, menghasilkan lebih dari separuh kebutuhan listriknya tahun lalu.

Tenaga angin merupakan kontributor utama, menyumbang hampir seperempat dari listrik yang dihasilkan.

Menurut Asosiasi Energi Angin Spanyol (AEE), dengan sekitar 30 gigawatt (GW) kapasitas angin terpasang, Spanyol merupakan pemimpin di Eropa, hanya kalah dari Jerman.

Namun, oposisi lokal di beberapa daerah dan hambatan perizinan telah membebani penyebaran pembangkit listrik tenaga angin baru.

Berdasarkan laporan GEM, sekitar 1,7 GW pembangkit listrik tenaga angin sedang dibangun. Ini berarti Spanyol sudah lebih dari separuh jalan mencapai target akhir dekade ini, yaitu 62 GW.

Meskipun 40 GW seharusnya lebih dari cukup untuk mencapai target tersebut, masalahnya adalah kecepatan penyebarannya.

Selama enam tahun ke depan, kapasitas tersebut perlu ditingkatkan hampir lima kali lipat dari sekitar 1 GW yang ditambahkan setiap tahun secara rata-rata pada 2019-2023.

"Seperti yang terjadi saat ini, Spanyol tidak mungkin memenuhi target 2030 untuk tenaga angin," ujar Peneliti GEM Gregor Clark, penulis laporan tersebut, dikutip dari Reuters pada Rabu (12/6).

Kementerian Energi Spanyol menolak berkomentar.

Menurut Gregor, mengatasi hambatan dan bergerak cepat dengan penyebaran pembangkit listrik tenaga angin lepas pantai akan menjadi kunci untuk mencapai tujuan tersebut.

Menurut AEE, yang juga menyerukan percepatan, Spanyol hanya menambahkan sekitar 600 MW kapasitas tahun lalu, turun dari hampir 1,7 GW pada 2022.

Berdasarkan laporan GEM, Spanyol berada di jalur yang tepat untuk memperkuat kepemimpinannya di Eropa dalam proyek-proyek tenaga surya berskala utilitas.

GEM memantau proyek-proyek energi terbarukan yang sudah ada, proyek-proyek yang sedang dalam tahap konstruksi dan rencana-rencana terkait yang lebih luas.

Proyek-proyek pembangkit listrik tenaga surya berskala utilitas sebesar 7,8 GW yang sedang dibangun di Spanyol mewakili kapasitas yang lebih besar dibandingkan dengan gabungan kapasitas dari tiga negara Eropa lainnya.

Reporter : reportergreen Editor : Arsyad Paripurna
;

Katadata Green merupakan platform yang mengintegrasikan berita, riset, data, forum diskusi, dan komunitas untuk menginformasikan, bertukar gagasan, hingga kolaborasi untuk pembangunan hijau dan berkelanjutan di Indonesia.