Katadata Green
Banner

Perusahaan Asuransi Inggris Dorong Model Pendanaan Infrastruktur Hijau

Freepik
Avatar
Oleh Arsyad Paripurna 24 Juli 2024, 08.38

Perusahaan-perusahaan asuransi Inggris pada hari Senin menetapkan rencana tentang bagaimana menyalurkan miliaran poundsterling yang dibebaskan dari dana penyangga keselamatan mereka ke dalam infrastruktur seperti stasiun pengisian kendaraan listrik untuk meningkatkan pertumbuhan.

Pemerintahan Partai Buruh yang baru di Inggris mengatakan sebagian besar dana yang dibutuhkan untuk meningkatkan infrastruktur dan mengembangkan teknologi hijau harus berasal dari sektor swasta mengingat keterbatasan keuangan negara tersebut.

Dalam sebuah laporan, Asosiasi Perusahaan Asuransi Inggris (ABI) mengatakan membuka peluang baru bagi Kementerian Keuangan dan mengusulkan model pemerintah-swasta baru untuk memadukan investasi dari sektor swasta dengan uang tunai publik, seperti dari Dana Kekayaan Nasional (National Wealth Fund) yang direncanakan pemerintah.

“Mengenai jaringan pengisian kendaraan listrik nasional yang dirinci dalam laporan ini, diperkirakan kurang dari 1 miliar poundsterling investasi publik yang tersebar selama 15 tahun akan mendukung hingga 20 miliar poundsterling investasi swasta, sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi. Hal ini juga menunjukkan dukungan terhadap energi nuklir dan rencana investasi pembangkit listrik tenaga angin lepas pantai,” kata ABI, dikutip dari Reuters, Senin (22/7).

Pemerintah Konservatif yang memimpin sebelumnya telah melonggarkan aturan permodalan bagi perusahaan asuransi sebagai dividen utama Brexit. 

Menurut ABI, hal tersebut akan membebaskan 100 miliar poundsterling atau US$129 miliar (Rp 2.093 triliun) untuk investasi di bidang infrastruktur selama 10 tahun.

ABI mengatakan Forum Pengiriman Investasi (Investment Delivery Forum) mulai bulan Januari akan melaporkan dan melacak investasi ke dalam aset-aset produktif yang dilakukan dengan menggunakan uang yang dibebaskan dari dana penyangga modal.

Tulip Siddiq, Menteri Keuangan Inggris yang baru, berharap dapat bekerja sama dengan forum tersebut untuk mengambil tindakan guna mendorong pertumbuhan ekonomi berkelanjutan di Inggris.

Pemerintah telah mengumumkan peninjauan dana pensiun untuk membantu menyalurkan lebih banyak uang swasta ke dalam aset produktif, berdasarkan komitmen Mansion House Compact yang diluncurkan oleh pemerintahan sebelumnya.

Reporter : reportergreen Editor : Arsyad Paripurna
;

Katadata Green merupakan platform yang mengintegrasikan berita, riset, data, forum diskusi, dan komunitas untuk menginformasikan, bertukar gagasan, hingga kolaborasi untuk pembangunan hijau dan berkelanjutan di Indonesia.