Banner

Deforestasi Kolombia Turun ke Level Terendah pada 2023

123RF.com/altitudevisual
Avatar
Oleh Arsyad Paripurna 9 Juli 2024, 13.42

Deforestasi di Kolombia turun 36% ke level terendah dalam 23 tahun terakhir pada 2023, didorong oleh menurunnya perusakan lingkungan di wilayah Amazon.

Kementerian Lingkungan Hidup Kolombia mengatakan deforestasi turun menjadi 792 kilometer persegi tahun lalu secara nasional, turun dari sekitar 1.235 kilometer persegi pada 2022.

Kolombia adalah salah satu negara dengan keanekaragaman hayati paling tinggi di dunia dan merupakan rumah bagi ribuan spesies tanaman dan hewan.

Namun, seperti halnya di tempat lain di wilayah Amazon, Kolombia kehilangan sebagian besar hutan akibat deforestasi setiap tahunnya.

Pemerintahan Presiden Gustavo Petro yang berhaluan kiri memprioritaskan perlindungan lingkungan Kolombia dan meminta negara-negara kaya untuk membatalkan utang luar negeri dengan imbalan pelestarian kawasan seperti Amazon.

Dikutip dari Reuters, Selasa (9/7), para ilmuwan mengatakan kerusakan Amazon dapat memperburuk perubahan iklim global.

"Ini adalah berita yang sangat bagus ... tetapi kita tidak bisa mengatakan bahwa pertempuran telah dimenangkan," ujar Menteri Lingkungan Hidup Susana Muhamad kepada para wartawan di ibukota Kolombia, Bogota.

Deforestasi di wilayah Amazon Kolombia - yang secara tradisional menjadi pendorong angka nasional - menurun 38% menjadi sekitar 443 kilometer persegi, turun dari hampir 712 kilometer persegi pada 2022.

Terlepas dari kinerja yang baik dalam mengurangi deforestasi pada 2023, Susana pada bulan April memperingatkan deforestasi telah meningkat di 2024 di tengah kondisi kering yang diperparah oleh fenomena cuaca El Nino yang kuat.

Kepada Reuters, delapan narasumber pada bulan Mei mengatakan langkah-langkah pemerintah untuk mengatasi rute-rute ilegal di wilayah Amazon Kolombia telah terhenti.

Pengawas Lingkungan Gustavo Guerrero, bekerja untuk pengawas negara yang mengawasi para pejabat, mengatakan penundaan tersebut merupakan kegagalan yang nyata.

Pemerintah Kolombia akan terus meluncurkan rencana termasuk menangani kejahatan lingkungan, memperkuat institusi dan bekerja sama dengan masyarakat untuk mencegah deforestasi.

Kolombia akan menjadi tuan rumah pertemuan keanekaragaman hayati PBB COP16 di kota Cali akhir tahun ini.

Reporter : reportergreen Editor : Arsyad Paripurna
;

Katadata Green merupakan platform yang mengintegrasikan berita, riset, data, forum diskusi, dan komunitas untuk menginformasikan, bertukar gagasan, hingga kolaborasi untuk pembangunan hijau dan berkelanjutan di Indonesia.