Katadata Green HUT RI 79
Banner

Studi: Energi Bersih Memberi Manfaat Kesehatan US$249 Miliar

Freepik
Avatar
Oleh Arsyad Paripurna 3 Juli 2024, 18.03

Bayangkan dibayar sebesar US$249 miliar (Rp 4.077 triliun) hanya untuk melakukan hal yang benar.

Nah, itulah yang diperoleh Amerika Serikat (AS) selama beberapa tahun terakhir hanya dengan meningkatkan penggunaan energi terbarukan seperti angin dan tenaga surya.

Dari 2019 hingga 2022, AS secara serius meningkatkan energi terbarukannya.

Studi yang dipublikasikan di Cell Reports Sustainability menemukan bahwa pembangkit listrik tenaga angin dan matahari melonjak sebesar 55%, hingga mencapai titik di mana pembangkit listrik tersebut menyediakan sekitar 14% dari total kebutuhan listrik AS tahun lalu.

Hal ini sama saja dengan menyingkirkan 71 juta mobil yang menenggak gas dari jalan raya setiap tahunnya, yang diukur dari polusi yang merusak iklim yang berhasil dicegah.

Tapi tunggu, masih ada lagi: Dengan membakar lebih sedikit batu bara dan minyak untuk menghasilkan listrik, kualitas udara di AS juga meningkatkan secara dramatis.

Polutan utama seperti sulfur dioksida dan nitrogen oksida, yang terkait dengan asma dan masalah kesehatan lainnya, turun sebesar 1,1 juta ton.

Udara yang lebih bersih menghasilkan sekitar US$249 miliar dalam bentuk manfaat kesehatan masyarakat.

Para peneliti menemukan bahwa AS bagian tengah menuai hasil yang besar dari tenaga angin, sementara Carolina mendapatkan keuntungan besar dari pembangkit listrik tenaga surya.

Memahami manfaat energi terbarukan dapat membantu kita menggandakan energi bersih di wilayah yang paling membutuhkan.

"Temuan ini dapat membantu kita menargetkan pengembangan tenaga angin dan matahari di masa depan untuk memberikan manfaat iklim dan kesehatan yang lebih besar," ujar Profesor Iklim dan Energi di North Carolina State University, Jeremiah Johnson, dikutip dari The Cool Down, Selasa (2/7).

Menurut Jeremiah, publik sering kali terfokus pada tantangan yang dihadapi dalam hal lingkungan. "Namun, penting juga untuk mengetahui kapan sesuatu itu berhasil," tambahnya.

Meskipun krisis iklim terlihat menakutkan, ini adalah jenis kemajuan yang seharusnya memberi harapan. Ketika bekerja sama untuk mempercepat adopsi energi bersih, hal itu tidak hanya membantu menyelamatkan planet bumi ini, tetapi juga menghemat miliaran dolar dan membuat udara lebih aman untuk dihirup.

Jika ini bukan saling menguntungkan, lalu apa ini.

Reporter : reportergreen Editor : Arsyad Paripurna
;

Katadata Green merupakan platform yang mengintegrasikan berita, riset, data, forum diskusi, dan komunitas untuk menginformasikan, bertukar gagasan, hingga kolaborasi untuk pembangunan hijau dan berkelanjutan di Indonesia.