Banner

Google Beli Saham Perusahaan Tenaga Surya Taiwan Milik BlackRock

LinkedIn
Avatar
Oleh Arsyad Paripurna 2 Juli 2024, 15.48

Google mengakuisisi saham di New Green Power yang dimiliki oleh dana BlackRock.

Google bisa membeli 300 megawatt energi terbarukan dari perusahaan tenaga surya Taiwan tersebut untuk membantu mengurangi emisi karbon mereka dan para pemasok.

Para investor mendorong perusahaan-perusahaan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca yang terkait dengan operasi dan rantai nilai mereka.  

Perusahaan-perusahaan teknologi besar termasuk yang paling ambisius dalam mencapai target mereka.

Google menargetkan penggunaan energi bebas karbon di mana pun beroperasi.

Namun, pertumbuhan permintaan kapasitas pemrosesan data untuk menenagai kecerdasan buatan telah membuat emisi melonjak.

Kepala Global Energi Pusat Data Google Amanda Peterson Corio mengatakan Taiwan, lokasi utama untuk teknologi cloud Google dengan data center dan kantor perusahaan, masih mengandalkan bahan bakar fosil untuk menghasilkan hampir 85% dari tenaganya.

"Tujuan dari investasi ini adalah untuk mendukung pembangunan jaringan listrik tenaga surya berskala besar di Taiwan," ujar Amanda, dikutip dari Reuters, Senin (1/7).

Wilayah seperti Asia Pasifik mungkin lebih sulit untuk melakukan dekarbonisasi karena infrastruktur yang kurang berkembang dan pembatasan yang membatasi kemampuan pengguna korporat untuk membeli tenaga listrik ramah lingkungan.

Kepala Global Infrastruktur Iklim BlackRock David Giordano mengatakan New Green Power  (NGP), dimiliki oleh dana yang dikelola oleh bisnis Infrastruktur Iklim BlackRock, adalah salah satu pengembang dan operator tenaga surya terkemuka di Taiwan.

Google dan BlackRock menolak untuk menyebutkan berapa besar saham ekuitas yang diambil di NGP, namun Amanda mengatakan investasi ini diharapkan dapat mendorong ekuitas dan pembiayaan utang untuk pembangunan 1 gigawatt (GW).

Taiwan menargetkan 20 GW kapasitas tenaga surya pada 2025 dan hingga 80 GW di 2050.

Menurut Amanda, selain menggunakan sebagian tenaga surya yang dibeli untuk menggerakkan operasinya sendiri, Google juga bisa menawarkan sebagian kepada pemasok dan produsennya di wilayah tersebut.

Berbagi dengan para pemasok akan membantu Google menurunkan apa yang disebut sebagai emisi Cakupan 3, yaitu emisi yang terkait dengan rantai nilainya.

Reporter : reportergreen Editor : Arsyad Paripurna
;

Katadata Green merupakan platform yang mengintegrasikan berita, riset, data, forum diskusi, dan komunitas untuk menginformasikan, bertukar gagasan, hingga kolaborasi untuk pembangunan hijau dan berkelanjutan di Indonesia.