Banner

Menperin: VinFast Mulai Konstruksi Pabrik EV Tahun Ini

VinFast.com
Avatar
Oleh Hari Widowati 19 Februari 2024, 19.00

Produsen kendaraan listrik (electric vehicle/EV) asal Vietnam, VinFast, akan memulai pembangunan pabriknya di Indonesia pada tahun ini. Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan saat ini VinFast tengah mencari lahan untuk lokasi pabrik tersebut.

"Secepatnya, begitu lahan tersedia, mereka bakal investasi segera. Kami sedang me-matching-kan kawasan industri dengan mereka. Ada beberapa target kawasan industri," ujar Agus saat ditemui di Istana Kepresidenan, Jakarta, seperti dikutip Antara, pada Senin (19/2).

Menurut Agus, investasi VinFast di Indonesia termasuk yang menjadi pembahasan Presiden Joko Widodo dalam rapat internal yang dilaksanakan pada hari ini. Ia mengatakan VinFast sudah menyiapkan komitmennya untuk membangun pabrik mobil listrik di Indonesia dan sedang mencari lahan. Pemerintah menyiapkan sejumlah kawasan industri yang dapat dipertimbangkan sebagai lokasi pabrik VinFast, yakni di Batang, Jawa Tengah dan Karawang, Jawa Barat.

"Belum ada yang pasti, cuma opsinya sudah ada," ujar Agus. Meski demikian, pemerintah juga masih melihat skema investasi sebelum mobil produksi VinFast dijual di pasaran.

VinFast merupakan salah satu produsen mobil listrik yang disambangi oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat membuka pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 di JiExpo, Jakarta, Kamis (15/2).

Presiden Jokowi sempat masuk ke kabin pengemudi salah satu produk VinFast untuk merasakan sensasi memegang stir kemudi mobil sedan jenis VF 5 berwarna putih.

Dalam pameran itu, VinFast resmi mengenalkan rangkaian kendaraan listrik setir kanan. Indonesia merupakan negara pertama di mana VinFast memperkenalkan mobil listrik setir kanan.

Sebelumnya, VinFast telah mengumumkan pembangunan pabrik manufaktur kendaraan listrik lokal di Indonesia dengan proyeksi kapasitas 50.000 mobil per tahun.

Editor : Hari Widowati
;

Katadata Green merupakan platform yang mengintegrasikan berita, riset, data, forum diskusi, dan komunitas untuk menginformasikan, bertukar gagasan, hingga kolaborasi untuk pembangunan hijau dan berkelanjutan di Indonesia.