Katadata Green HUT RI 79
Banner

Cuaca Tidak Membantu Pemadaman Kebakaran Besar di California

ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/Spt.
Avatar
Oleh Arsyad Paripurna 1 Agustus 2024, 14.44

Kebakaran hutan terbesar di Amerika Serikat meluas hingga lebih dari 1.550 kilometer persegi pada Selasa malam, lebih besar dari kota Los Angeles.

Hal ini diungkapkan petugas pemadam kebakaran di California saat ribuan petugas pemadam kebakaran berjuang melawan kobaran api di daerah hutan belantara di utara Sacramento.

Lebih dari 5.500 petugas pemadam kebakaran dari seluruh California dan negara bagian lain bekerja sepanjang waktu untuk memadamkan Kebakaran Park, yang membakar Central Valley negara bagian itu, sekitar 145 kilometer (km) di utara Sacramento, ibu kota negara bagian itu.

Kebakaran meluas hingga 156.517 hektar, menjadikannya kebakaran hutan terbesar kelima dalam sejarah California.

Para pejabat pemadam kebakaran mengatakan Kebakaran Park pada hari Selasa melampaui luas Kebakaran Creek 2020 di Fresno County, yang membakar hampir 153.780 hektar.

Namun, kebakaran tersebut masih lebih kecil dari kebakaran terbesar yang pernah tercatat di negara bagian tersebut, yaitu kebakaran August Complex tahun 2020, yang membakar lebih dari 404.685 hektar di tujuh daerah di California utara.

Dipicu oleh rumput kering, semak belukar, dan kayu, Kebakaran Park Fire bergerak cepat.

"Kebakaran ini memiliki banyak bahan bakar yang mudah terbakar, dan sulit dijangkau. Garis api kami melingkari 673 km, seukuran tiga Danau Tahoe. Butuh waktu dua hingga tiga jam untuk mengerahkan personel ke sana," kata Kapten Pemadam Kebakaran Dan Collins dari Departemen Kehutanan dan Perlindungan Kebakaran California atau Cal Fire.

Menurut Ahli Meteorologi National Weather Service Ashton Robinson Cook, cuaca tidak membantu proses pemadaman.

"Tidak ada hujan yang terlihat minggu ini. Cuaca panas dan sangat kering akan terjadi," kata Ashton, dikutip dari Reuters, Selasa (30/7).

Suhu akan mencapai 37,8 derajat Celcius pada hari Rabu dan suhu tertinggi dapat bertahan pada level itu hingga Senin depan, dengan kelembaban relatif turun hingga serendah 7%.

Reporter : reportergreen Editor : Arsyad Paripurna
;

Katadata Green merupakan platform yang mengintegrasikan berita, riset, data, forum diskusi, dan komunitas untuk menginformasikan, bertukar gagasan, hingga kolaborasi untuk pembangunan hijau dan berkelanjutan di Indonesia.