Katadata Green HUT RI 79
Banner

Gelombang Panas Cetak Rekor di Negara Bagian Tengah dan Timur Laut AS

123RF.com/filmfoto
Avatar
Oleh Arsyad Paripurna 19 Juni 2024, 17.03

Dinas Cuaca Nasional Amerika Serikat mengatakan kota-kota di Amerika Serikat memecahkan rekor suhu tertinggi selama puluhan tahun minggu ini.

Penyebabnya adalah gelombang panas yang membentang dari bagian tengah hingga timur negara tersebut.

Saat 80 juta penduduk dari Indiana sampai New England menderita kepanasan seiring dengan adanya peringatan panas ekstrem, Gubernur New York Kathy Hochul mengaktifkan Pusat Operasi Darurat negara bagian tersebut untuk menghadapi suhu tinggi yang diperkirakan akan berlangsung sampai akhir pekan.

Sehari setelah kota Syracuse mencapai suhu 34,4 derajat Celcius, memecahkan rekor dari tahun 1994, Kathy menyebut peristiwa panas tersebut sebagai peristiwa yang mematikan.

"Kita telah melihat badai salju, kita telah melihat banjir, kita telah mengalami angin topan, kita telah mengalami tornado. Tapi peristiwa panas ini kemungkinan besar akan menyebabkan lebih banyak kematian," ujarnya, dikutip dari Reuters pada Selasa (18/6).

Negara bagian New York membuka pantai dan kolam renang umum lebih awal, agar masyarakat menikmatinya pada hari libur Juneteenth.

Juneteenth dirayakan setiap tahun pada 19 Juni untuk memperingati berakhirnya perbudakan di Amerika Serikat.

Berlandaskan rencana operasi darurat tersebut, kota New York membuka pusat-pusat penampungan berpendingin untuk pertama kalinya tahun ini.

Pada Senin (17/6), Chicago mencatat suhu 36,1 derajat Celcius di Bandara Internasional Chicago O'Hare, memecahkan rekor tahun 1957 yang mencapai 35.5 derajat Celcius.

Suhu udara berkisar di angka 32.7 derajat Celcius pada Selasa, dengan indeks panas yang memperhitungkan suhu dan kelembapan untuk mengukur seberapa panasnya udara menyentuh angka 35 derajat Celcius.

Untuk menyejukkan diri, Breanne Trammell, 43, dan anjingnya yang berjenis pudel, Moe, berencana untuk pergi ke Montrose Dog Beach di Danau Michigan, Chicago.

Namun sebelum pergi, ia membeli AC terlebih dahulu. Breanne menghabiskan US$400 (Rp 6,5 juta) untuk satu unit AC baru. "Anda tidak tahu betapa panasnya apartemen saya. Ini mengerikan, bagi saya dan Moe. Anda merasa berat bahkan untuk bernapas," ujarnya.

Breanne mengaku ia dan teman-temannya sering pergi ke bioskop dan arena bowling akhir-akhir ini untuk mencari kesejukan tetapi sangat sulit untuk tidak kepanasan di malam hari.

Tim pekerja kota disebar ke kamp-kamp tunawisma di seluruh Chicago. Mereka mencoba membujuk para tunawisma untuk pindah ke panti sosial agar terhindar dari udara panas.

"Kami memeriksa semua lokasi. Kami tidak hanya menyediakan air dan makanan, tetapi juga membawa para tunawisma ke panti sosial, yang merupakan tempat penampungan berpendingin," kata Juru Bicara Departemen Layanan dan Dukungan untuk Keluarga Kota Chicago, Brian Berg.

Suhu yang tinggi dapat menyebabkan dehidrasi, kelelahan akibat panas dan sengatan panas, dan memperburuk kondisi yang sudah ada sebelumnya seperti masalah kardiovaskular.

Ahli Meteorologi NWS, Marc Chenard, mengatakan Detroit dan Philadelphia, serta kota-kota di New Hampshire, Connecticut dan Maine juga akan mengalami rekor suhu tertinggi dalam beberapa hari mendatang.

Di bagian barat, petugas pemadam kebakaran berjuang melawan suhu tinggi, kelembaban rendah dan angin kencang ketika mereka berusaha untuk mengatasi kebakaran hutan yang dimulai pada hari Sabtu di sebelah barat laut Los Angeles dan telah menghanguskan 12.000 hektar lahan. 

Kebakaran tersebut memaksa kurang lebih 1.200 orang untuk mengungsi dari area rekreasi Hungry Valley.

Di bagian selatan New Mexico, kebakaran hutan melanda bagian utara dan selatan desa Ruidoso, memaksa sekitar 8.000 penduduknya untuk mengungsi.

Meskipun masih terlalu dini untuk mengatakan suhu udara panas disebabkan oleh perubahan iklim, gelombang panas terjadi lebih awal di tahun ini dibandingkan dengan rata-rata historisnya. Suhu di Maine Tengah mencapai 30 derajat di atas rata-rata.

"Masih terlalu dini di awal musim bagi Ohio Valley dan New England untuk diterpa gelombang panas dengan durasi selama ini," kata Marc, seraya menambahkan bahwa hal ini berbahaya karena orang-orang tidak siap.

Reporter : reportergreen Editor : Arsyad Paripurna
;

Katadata Green merupakan platform yang mengintegrasikan berita, riset, data, forum diskusi, dan komunitas untuk menginformasikan, bertukar gagasan, hingga kolaborasi untuk pembangunan hijau dan berkelanjutan di Indonesia.