Katadata Green HUT RI 79
Banner

Kanada Tandatangani Kesepakatan Harga Karbon

freepik.com
Avatar
Oleh Arsyad Paripurna 12 Juni 2024, 15.03

Canada Growth Fund menandatangani kesepakatan kedua untuk mendukung harga karbon.

Dalam kesepakatan tersebut, fasilitas Alberta diusulkan menjadi fasilitas pengolahan sampah menjadi energi listrik dan menyerap emisi karbon yang dihasilkan.

Fasilitas yang mengubah sampah di TPA menjadi listrik ini terletak di dekat Edmonton dan merupakan yang pertama di Kanada. 

Canada Growth Fund adalah kendaraan investasi publik senilai US$15 miliar (Rp 244,4 triliun) yang diluncurkan oleh pemerintah Kanada untuk menarik modal swasta.

Fasilitas Alberta tersebut akan menjadi kemitraan Gibson Energy yang berbasis di Calgary dengan CGF dan Varme Energy Inc.

Kapasitas pengolahan yang dimiliki akan mampu membakar 200.000 ton sampah kota per tahun dan menghasilkan energi listrik.

Keputusan akhir investasi diharapkan tercapai pada awal 2025 dan pengujian operasional atau commissioning bisa mulai berlangsung pada 2027.

Jika fasilitas ini berjalan, CGF akan memberikan kepastian harga karbon melalui perjanjian pembelian kredit karbon atau lebih dikenal sebagai Carbon Credit Offtake untuk membeli hingga 200.000 ton per tahun kredit karbon yang dihasilkan oleh proyek tersebut.

Harga awal yang ditetapkan adalah C$85 atau US$61,80 (Rp 1 juta) per ton untuk jangka waktu 15 tahun.

Ini penting bagi Kanada karena Negeri Pecahan Es ini tengah mencari cara untuk memberikan kepastian harga karbon kepada perusahaan yang ingin berinvestasi dalam teknologi penangkapan dan penyimpanan karbon (CCS) untuk mengurangi emisi mereka.

Perjanjian pembelian kredit karbon menjamin harga yang diterima perusahaan untuk karbon yang diserap. Hal ini menurut mereka membantu mengurangi risiko investasi dalam proyek-proyek baru.

Sektor energi menunggu pemerintah Kanada mengumumkan lebih banyak lagi perjanjian pembelian kredit karbon setelah menandatangani kesepakatan awal dengan Entropy yang berbasis di Calgary pada bulan Desember lalu.

“Pengolahan sampah menjadi energi yang terintegrasi dan CCS memiliki potensi yang signifikan untuk direplikasi di berbagai kota di seluruh Kanada dan membuat negara ini menempati posisi untuk mengekspor keahlian pengolahan tersebut secara global,” demikian ungkap para mitra proyek tersebut dalam sebuah siaran pers, dikutip dari Reuters pada Selasa (11/6).

Reporter : reportergreen Editor : Arsyad Paripurna
;

Katadata Green merupakan platform yang mengintegrasikan berita, riset, data, forum diskusi, dan komunitas untuk menginformasikan, bertukar gagasan, hingga kolaborasi untuk pembangunan hijau dan berkelanjutan di Indonesia.