Katadata Green HUT RI 79

Bumi Memanas Luar Biasa Cepat, Masih Ada Waktu Stop Percepatan Krisis

123RF.com/filmfoto
Avatar
Oleh Arsyad Paripurna 6 Juni 2024, 14.59

Laju pemanasan bumi mencapai titik tertinggi sepanjang masa pada 2023 dengan 92% dari panas yang memecahkan rekor tahun lalu disebabkan oleh manusia, demikian hasil kalkulasi para ilmuwan terkemuka.

Hampir semua rekor panas tahun 2023 disebabkan oleh bahan bakar fosil. Kelompok yang terdiri dari 57 ilmuwan dari seluruh dunia ini menggunakan metode yang disetujui PBB untuk meneliti ledakan panas yang mematikan tahun lalu.

Bahkan dengan tingkat pemanasan yang lebih cepat, mereka tidak melihat bukti percepatan signifikan dalam perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia di luar peningkatan pembakaran bahan bakar fosil.

Rekor suhu tahun lalu sangat tidak biasa sehingga para ilmuwan memperdebatkan apa yang ada di balik lompatan besar tersebut dan apakah perubahan iklim semakin cepat atau ada faktor lain yang berperan.

“Jika Anda melihat dunia ini berakselerasi atau mengalami titik kritis yang besar, hal tersebut tidak terjadi. Suhu bumi meningkat dan semakin memburuk dengan cara yang persis seperti yang kami perkirakan," kata penulis utama studi dan ilmuwan iklim dari Universitas Leeds, Inggris, Piers Forster, dikutip dari Euronews pada Rabu (5/6).

Hal ini hampir sepenuhnya dijelaskan oleh penumpukan karbon dioksida hasil dari peningkatan penggunaan bahan bakar fosil.

Seberapa tinggi laju pemanasan global? Tahun lalu, laju pemanasan mencapai 0,26 derajat Celcius per dekade - naik dari 0,25 derajat Celcius pada tahun sebelumnya.

Itu bukan perbedaan yang signifikan, meskipun hal itu membuat laju tahun ini menjadi yang tertinggi yang pernah ada. Namun, para ilmuwan luar mengatakan bahwa laporan ini menyoroti situasi yang semakin mengkhawatirkan.

“Memilih untuk bertindak terhadap iklim telah menjadi topik pembicaraan politik, namun laporan ini seharusnya menjadi pengingat bagi orang-orang bahwa pada dasarnya ini adalah pilihan untuk menyelamatkan nyawa manusia. Bagi saya, ini adalah sesuatu yang patut diperjuangkan,” ujar ilmuwan iklim dari University of Wisconsin, Andrea Dutton, yang tidak menjadi bagian dari tim peneliti internasional.

Seberapa panas dunia telah memanas sejak zaman pra-industri? Tim penulis - yang dibentuk untuk memberikan pembaruan ilmiah tahunan di antara setiap tujuh hingga delapan tahun penilaian ilmiah utama PBB - menentukan bahwa tahun lalu bumi lebih hangat 1,43 derajat Celcius daripada rata-rata tahun 1850 hingga 1900, dan 1,31 derajat di antaranya disebabkan oleh aktivitas manusia.

Sebesar 8% dari pemanasan tersebut sebagian besar disebabkan oleh El Nino, pemanasan alami dan sementara di Pasifik tengah yang mengubah cuaca di seluruh dunia, serta pemanasan aneh di sepanjang Atlantik.

Dalam jangka waktu 10 tahun, yang para ilmuwan lebih memilih daripada satu tahun, dunia telah menghangat sekitar 1,19 derajat Celsius sejak masa pra-industri.

Laporan dalam jurnal Earth System Science Data juga menyebutkan karena dunia terus menggunakan batu bara, minyak, dan gas fosil, bumi kemungkinan besar akan mencapai titik hangat dalam 4,5 tahun sehingga tidak dapat lagi terhindar dari melewati ambang batas pemanasan yang diterima secara internasional, yaitu 1,5 derajat Celcius.

Hal ini sesuai dengan penelitian sebelumnya yang memproyeksikan bumi akan berada atau terjebak pada setidaknya 1,5 derajat pada awal tahun 2029 jika lintasan emisi tidak berubah.

Menurut Piers, pencapaian 1,5 derajat yang sebenarnya mungkin akan terjadi beberapa tahun kemudian, namun hal ini tidak dapat dihindari jika semua karbon yang ada digunakan.

Apa yang akan terjadi jika dunia menembus pemanasan global 1,5 derajat Celcius? Studi PBB sebelumnya menunjukkan perubahan besar pada ekosistem bumi akan terjadi antara 1,5 dan 2 derajat Celcius, termasuk hilangnya terumbu karang, es laut Arktik, spesies tanaman dan hewan di bumi, serta peristiwa cuaca ekstrem yang lebih mematikan.

Kenaikan Suhu di 2023 Lebih dari Sekadar Lompatan Kecil

Kenaikan suhu terutama terjadi pada bulan September. Tahun itu berada dalam kisaran yang diperkirakan, meskipun berada di ujung atas kisaran.

“Akselerasi jika terjadi akan lebih buruk lagi, seperti mencapai titik kritis global, itu mungkin skenario terburuk. Namun, apa yang terjadi saat ini sudah sangat buruk dan sudah berdampak besar. Kita berada di tengah-tengah krisis," kata rekan penulis studi dan Kepala Dinamika Iklim Daratan di ETH Zurich, Sonia Seneviratne.

Ilmuwan iklim lainnya mengatakan bahwa perubahan iklim saat ini semakin cepat. Dekan Lingkungan di Universitas Michigan Jonathan Overpeck dan ilmuwan iklim bumi di Berkeley, Zeke Hausfather, keduanya tidak terlibat dalam penelitian ini, mengatakan bahwa mereka masih melihat adanya percepatan.

Zeke menunjukkan bahwa laju pemanasan ini jauh lebih tinggi daripada 0,18 derajat Celcius per dekade pemanasan yang terjadi antara tahun 1970 dan 2010.

Para ilmuwan berteori tentang beberapa penjelasan untuk lompatan besar pada bulan September, yang Zeke anggap mencengangkan. Laporan yang dirilis hari Rabu itu tidak menemukan cukup banyak pemanasan dari penyebab potensial lainnya.

Disebutkan bahwa pengurangan polusi sulfur dari pelayaran, yang telah memberikan sedikit pendinginan pada atmosfer, kewalahan tahun lalu oleh partikel karbon yang dimasukkan ke udara dari kebakaran hutan di Kanada.

Laporan tersebut juga mengatakan bahwa gunung berapi bawah laut yang menyuntikkan sejumlah besar uap air yang memerangkap panas ke atmosfer juga memuntahkan partikel-partikel pendingin yang pada dasarnya saling meniadakan satu sama lain.

“Masa depan ada di tangan kita. Kitalah - bukan fisika, tapi manusia - yang akan menentukan seberapa cepat dan seberapa banyak dunia menghangat," kata Ilmuwan iklim Texas Tech dan kepala ilmuwan di Nature Conservancy, Katharine Hayhoe.

Reporter : reportergreen Editor : Arsyad Paripurna
;

Katadata Green merupakan platform yang mengintegrasikan berita, riset, data, forum diskusi, dan komunitas untuk menginformasikan, bertukar gagasan, hingga kolaborasi untuk pembangunan hijau dan berkelanjutan di Indonesia.