Katadata Green HUT RI 79
Banner

WWF Indonesia dan Marine Buddies Ajak Masyarakat Beraksi Lindungi Laut

Dok. Marine Buddies
Avatar
Oleh Hari Widowati 2 Juni 2024, 11.11

Yayasan WWF Indonesia dan Marine Buddies mengajak seluruh masyarakat membuat suatu aksi yang berarti bagi kesehatan laut Indonesia. Aksi ini disampaikan melalui kampanye "Action for Our Ocean" yang diluncurkan dalam rangka memperingati World Oceans Day yang jatuh pada 8 Juni mendatang.

Setiap makhluk hidup membutuhkan laut yang sehat. Menurut catatan WWF Indonesia, hampir 70% oksigen di atmosfer berasal dari lautan dan hampir sepertiga dari total populasi manusia bergantung pada sumber daya laut.

Marine Buddies merupakan sebuah komunitas lingkungan yang bergerak dalam bidang konservasi laut. Komunitas ini dibentuk oleh WWF Indonesia pada 2008 dan mulai aktif sejak 2016 sampai sekarang.

Visi dari Marine Buddies adalah menggandeng anak-anak muda se-Indonesia untuk ikut berkontribusi dalam berbagai kegiatan yang berhubungan dengan konservasi laut. Sementara itu, misi Marine Buddies adalah konservasi laut. 
Peran kaum muda sangatlah penting sebagai penggerak dalam menjaga kelestarian laut. Oleh karena itu, anak-anak muda menjadi sasaran gerakan nilai-nilai terkait konservasi laut.

Kontribusi Kecil untuk Melestarikan Ekosistem Laut

WWF Indonesia menyebut ada banyak aksi kecil yang bisa dilakukan setiap orang untuk berkontribusi dalam melestarikan ekosistem laut. Misalnya, mengurangi pemakaian limbah cair, memilah dan mendaur ulang sampah, memastikan sampah rumah tangga diolah melalui bank sampah, dan mengurangi penggunaan plastik sekali pakai. Kemudian, menjadi wisatawan yang bertanggung jawab, memilih produk seafood yang ramah lingkungan atau ekolabel, mengikuti kegiatan bersih pantai, dan penanaman mangrove.

Masyarakat juga diajak untuk melaporkan temuan perdagangan ilegal spesies laut yang dilindungi dan terancam punah seperti penyu, hiu, dugong, dan lainnya yang dijual di toko offline maupun e-commerce. Selain itu, masyarakat bisa mendukung kegiatan konservasi laut melalui pemberian donasi melalui lembaga swadaya masyarakat, kelompok masyarakat, maupun pusat rehabilitasi spesies laut.

“Akhir Mei ini, kami sudah memulai beberapa aksi kami seperti beach clean-up di Pantai Muaya Jimbaran yang dilaksanakan bersama dengan Siswa SMA 2 Kuta Selatan, Trash Hero Indonesia, Social Project Bali, dan Malu Dong bersama warga lokal sekitar Pantai Muaya," ujar Echa Aryunisha, perwakilan Marine Buddies Denpasar, Sabtu (1/6).

Mereka juga melakukan penanaman 200 bibit mangrove di Pantai Kelan, Jimbaran, bekerja sama dengan Bendega dan Emina Cosmetic Bali. "Kami harap lebih banyak komunitas anak muda yang melakukan hal serupa, tidak hanya pada momen World Ocean Day tapi juga waktu yang lain. Everyday is ocean day for us,” ujar Echa.

Aksi ini merupakan rangkaian kegiatan menjelang World Oceans Day. Puncak acaranya akan dilakukan pada tanggal 8 Juni 2024 di Amphitheater Living World Denpasar, Bali.

Pada acara puncak tersebut, pengunjung akan diajak belajar banyak tentang pentingnya melestarikan laut dari mulai perlindungan ekosistem pesisir dan laut, spesies laut, perikanan, hingga wisata bahari. Semua edukasi ini disampaikan melalui berbagai jenis aktivitas seperti talkshow, lomba menggambar dan mewarnai, booth edukasi, pameran, penampilan seni, dan banyak lagi.

Kampanye ini tidak hanya dilakukan oleh Marine Buddies Denpasar, tetapi juga Marine Buddies di Jakarta, Tangerang, Surabaya, Makassar dan Palopo. "Teman-teman bisa bergabung bersama marine buddies di kota tersebut untuk ikut meramaikan aksi untuk laut ini," kata Echa.

 

Reporter : reportergreen Editor : Hari Widowati
;

Katadata Green merupakan platform yang mengintegrasikan berita, riset, data, forum diskusi, dan komunitas untuk menginformasikan, bertukar gagasan, hingga kolaborasi untuk pembangunan hijau dan berkelanjutan di Indonesia.