Katadata Green HUT RI 79
Banner

Waspada Heat Stroke Imbas Cuaca Panas, Dapat Sebabkan Kematian

ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas/nym.
Avatar
Oleh Rena Laila Wuri 13 Mei 2024, 13.33

Kementerian Kesehatan meminta masyarakat waspada heat stroke atau serangan akibat cuaca panas. Apalagi akhir-akhir ini Indonesia tengah menghadapi kondisi cuaca yang lebih panas dari biasanya.

Dikutip dari situs BMKG, gelombang panas memang sedang melanda berbagai negara Asia, seperti Thailand dengan suhu maksimum mencapai 52°C. Namun, kondisi yang terjadi di Indonesia masih belum tergolong gelombang panas. Suhu panas yang terjadi akibat dari peralihan musim dari hujan ke panas. 

"Kondisi "gerah" yang dirasakan masyarakat Indonesia akhir-akhir ini merupakan sesuatu yang umum terjadi pada periode peralihan musim hujan ke musim kemarau, sebagai kombinasi dampak pemanasan permukaan dan kelembaban yang masih relatif tinggi pada periode peralihan ini," tulis BMKG dikutip Senin (13/5).

Namun demikian, Kementerian Kesehatan menghimbau masyarakat tetap melakukan persiapan yang baik dalam menghadapi cuaca yang panas. Hal itu termasuk dalam mencegah heat stroke.

Apa itu Heat Stroke?

Orang  yang terkena heat stroke, tubuhnya tidak dapat mengontrol suhu badan. Suhu badan meningkat dengan cepat hingga 40° C dan adanya gangguan pada sistem saraf. Berikut gejala terkena sengatan panas atau heat stroke;

  1. Sakit Kepala
  2. Pusing, mual dan Muntah
  3. Tekanan darah meningkat
  4. Suhu badan lebih dari 39,5 °C
  5. Tidak berkeringat
  6. Kulit menjadi merah, panas dan kering.

Dengan mengetahui gejala heat stroke, diharapkan masyarakat  bisa membuat kita jauh lebih waspada dan melakukan persiapan dalam menghadapi cuaca panas. Berikut 5 langkah pencegahannya;

  1. Pastikan tubuh terhidrasi dengan baik
  2. Konsumsi makanan ringan
  3. Basahi tubuh
  4. Buat lingkungan sejuk dan hindari paparan sinar matahari secara langsung
  5. Istirahat yang cukup.

Namun, jika Anda telah mengalami beberapa gejala seperti yang dijelaskan di atas, berikut pertolongan pertama heat stroke;

  1. Pindahkan korban ke tempat dingin atau ruangan ber-AC
  2. Kompres kain basah dan dingin, gunakan kipas angin
  3. Siram badan korban dengan menggunakan air dingin
  4. Monitor suhu dan lanjutkan tindakan awal di atas sampai suhu badan korban turun di bawah 38  °C
  5. Segera hubungi Dokter untuk pertolongan lebih lanjut.

Sampai Kapan Cuaca Panas Terjadi di Indonesia?

Deputi Bidang Meteorologi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Guswanto mengatakan suhu panas di Indonesia diprediksi terjadi hingga bulan Agustus 2024. Hal ini beriringan dengan terjadinya Musim Kemarau di Indonesia yang dimana prediksi puncak musim kemarau terjadi pada bulan Juli-Agustus.

Ia mengatakan, perubahan iklim menjadi salah satu faktor suhu tinggi di Indonesia yang menyebabkan cuaca panas akhir-akhir ini. Pada periode 1981-2022, laju perubahan suhu udara rata-rata secara nasional di Indonesia meningkat sebesar 0,6°C/30 tahun.

Laju perubahan tertinggi terjadi di Palembang sebesar 1.0°C, di Medan, Jakarta, Samarinda sebesar 0.9°C, Semarang, Surabaya, Pontianak, Makassar 0.8°C.

 

 

Reporter : Rena Laila Wuri Editor : Tia Dwitiani Komalasari
;

Katadata Green merupakan platform yang mengintegrasikan berita, riset, data, forum diskusi, dan komunitas untuk menginformasikan, bertukar gagasan, hingga kolaborasi untuk pembangunan hijau dan berkelanjutan di Indonesia.