Banner

Festival Langkah Membumi Dorong Dekarbonisasi Dengan Kendaraan Listrik

Katadata
Avatar
Oleh C. Bregas Pranoto 23 November 2023, 13.36

Polusi udara masih menjadi isu yang dihadapi oleh masyarakat Indonesia, khususnya bagi mereka yang tinggal di kota-kota besar. 

Menurut pantauan situs IQ Air pada 20 November 2023, Jakarta menempati posisi 19 dari 108 kota paling berpolusi dunia. Indeks polusi Jakarta tercatat berada di angka 124 yang berarti tidak sehat bagi kelompok sensitif.

Sementara, pada tingkat domestik, Jakarta menempati posisi kedua dari sepuluh kota di Indonesia yang paling berpolusi. Dari sepuluh kota dengan tingkat polusi tertinggi di Indonesia, tujuh diantaranya berada di pulau Jawa sementara tiga lainnya di pulau Sumatera dan Kalimantan.

Secara rata-rata, indeks kualitas udara Indonesia berada di angka 89 yang berarti sedang. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengungkapkan bahwa buruknya kualitas udara di kota-kota besar Indonesia dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu asap kendaraan bermotor dan aktivitas industri, termasuk pembangkit listrik. 

Sektor transportasi sendiri menyumbang hingga 47 persen polusi udara. Di sisi lain, untuk penanganan polusi dari industri dan pembangkit listrik, KLHK telah membentuk satgas untuk melakukan pengawasan. 

Sedangkan, untuk polusi dari kendaraan bermotor, diperlukan solusi pragmatis untuk mengurangi tingkat polusi. 

Beberapa cara yang dapat dilakukan adalah pemanfaatan transportasi umum, memahami aturan berkendara, bijak isi bensin sesuai rekomendasi, beralih ke kendaraan listrik, serta melakukan uji emisi secara berkala.

Terkait transisi ke kendaraan listrik, pemerintah berkomitmen untuk mempercepat proses pembentukan ekosistem kendaraan listrik di dalam negeri. Pemerintah juga menggalakkan uji emisi kendaraan bermotor guna mencari solusi pengganti bensin yang ramah lingkungan.

"Sekarang kita sudah tahu, kendaraan itu, transportasi itu penyebab yang parah, karena emisi segala macam mobil motor itu. Nah itu kita percepat proses EV (Electric Vehicle)," kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam wawancara September lalu, di Istana Negara.

Keseriusan pemerintah dalam menggalakkan uji emisi sendiri dan subsidi kendaraan listrik menghasilkan tren positif. Di provinsi DKI Jakarta misalnya, hingga 17 November 2023 pukul 09.00 WIB, tercatat 1.228.087 kendaraan roda empat dan 132.054 kendaraan roda dua telah melakukan uji emisi. 

Jumlah tersebut meningkat bila dibandingkan pada 3 November 2023 di mana tercatat 1.193.736 kendaraan roda empat dan 128.528 kendaraan roda dua yang melakukan uji emisi. 

Pemprov DKI Jakarta menyatakan bahwa terdapat 346 bengkel kendaraan roda empat dengan 962 teknisi dan 119 bengkel kendaraan roda dua dengan 204 teknisi untuk memfasilitasi uji emisi.

Tak hanya pemerintah, fasilitas uji emisi juga disediakan oleh sektor swasta. Lewat Festival Langkah Membumi, Blibli Tiket berkolaborasi dengan BMW menyediakan uji emisi gratis terbatas bagi para pemilik kendaraan. 

Tak hanya uji emisi, Festival Langkah Membumi juga mengadakan edukasi, diskusi antara pemerintah, ecopreneur, dan berbagai pihak serta pameran produk-produk ramah lingkungan

Festival yang digelar pada 25-26 November 2023 itu akan dihadiri oleh pegiat pengelolaan sampah elektronik (e-waste), teknologi hijau (green tech), carbon offset  untuk pengelolaan iklim, lokakarya daur ulang, dan pasar Ecopreneur.

Tertarik untuk ambil bagian dalam upaya dekarbonasi dengan beralih ke mobil listrik atau motor listrik bersubsidi? Kunjungi Langkah Membumi Festival yang akan digelar oleh Blibli Tiket dan Ecoxyztem pada 25-26 November 2023 yang menghadirkan EV test drive secara gratis bekerja sama dengan brand-brand otomotif ternama, termasuk motor listrik subsidi Polytron, serta mobil listrik incaran Neta V dan BMW iX

Selain itu, tersedia pula uji emisi gratis secara terbatas, kesempatan networking dengan para ecopreneur dengan visi misi serupa, bincang diskusi tentang isu e-waste hingga carbon offset, lokakarya upcycling, dan Pasar Ecopreneur. Ikuti juga keseruan berbagai aksi hijau lainnya dengan mengunjungi dan registrasi partisipasimu sekarang di langkahmembumi.com.

Reporter : C. Bregas Pranoto Editor : Fitria Nurhayati
;

Katadata Green merupakan platform yang mengintegrasikan berita, riset, data, forum diskusi, dan komunitas untuk menginformasikan, bertukar gagasan, hingga kolaborasi untuk pembangunan hijau dan berkelanjutan di Indonesia.